Madrasah Aliyah Nurussyahid (MANUSA) adalah Sekolah Menengah Atas Setingkat SMA/SMK, Yang berdiri 2013 dengan Unggulan Magang dan Mahir Bahasa Jepang


Niat yang baik akan menghasilkan prasangka yang baik, Prasangka yang baik akan menghasilkan Aqidah yang baik dan Aqidah yang baik akan menghasilkan Akhir yang baik (Khusnul Khotimah). Hidup ini adalah Perjuangan, perjuangan perlu pengorbanan, pengorbanan perlu kecintaan, kecintaan perlu kesungguhan dalam Do'a dan Ikhtiar yang seimbang. kecintaan perlu keikhlasan dan keikhlasan perlu kesabaran, maka Allah berfirman Jadikan Sabar dan Sholat sebagai penolongmu melalui petunjuk sang Guru Mursyid.

2022/11/26

PROPOSAL KEGIATAN UJIAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL MA NURUSSYAHID KERTAJATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 PROPOSAL KEGIATAN UJIAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER GANJIL MA NURUSSYAHID KERTAJATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022


 PROPOSAL KEGIATAN UJIAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER GANJIL MA NURUSSYAHID KERTAJATI

 

KATA PENGANTAR

Bismillah hirrohmaan nirrohiim

Segala puji bagi Allah, yang senantiasa menyayangi dan melindungi segenap ummat-Nya yang taat dan patuh kepada-Nya. Sholawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Baginda Alam Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya dan juga kepada hamba-hambanya yang shaleh.

Buku ini berjudul Program Proposal Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 diperuntukan sebagai bahan acuan bagi panitia agar dalam melaksanakan tugas kepanitiaannya dapat meningkat dan selalu dalam adanya perubahan yang lebih baik.

Dengan selesainya Buku Pedoman ini, ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah ikut membantu terselenggaranya Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester  (PAS) ganjil Tahun 2022. Semoga amal baiknya mendapat balasan dari Allah SWT, dan semoga kita diberikan kekuatan dan kemampuan untuk senantiasa bekerja dan melaksanakan tugas dengan optimal.

Dengan segala kerendahan hati, kami menyadari banyaknya kekurangan dan kekhilafan. Oleh karenanya kritik dan saran sangat diharapkan demi kesempurnaan di masa yang akan datang.

PROGRAM PROPOSAL PELAKSANAAN UJIAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER  (PAS) TAHUN PELAJARAN 2021/2022 MADRASAH ALIYAH NURUSSYAHID KERTAJATI

A.     LATAR BELAKANG

            Upaya Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu program Pembangunan Nasional di bidang pendidikan.  Peningkatan mutu Pendidikan erat kaitannya dengan pengembangan Sumber daya Manusia (SDM) atau selaras dengan kebijakan Pembangunan Nasional yang menekankan kepada pengembangan SDM, maka upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam proses pengolahan pendidikan.

Kemudian untuk mewujudkan Cita-cita Pembangunan Nasional sesuai dengan idiologi dan Falsafah (NKRI) Negara Kesatuan Republik Indonesia, dibutuhkan manusia-manusia yang cerdas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berguna bagi kemajuan bangsa dan Negara Indonesia, khususnya Sumberdaya Manusia masyarakat Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka provinsi Jawa Barat dalam berbagai bidang, hal ini sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional yang tercantum dalam UUD tentang Pendidikan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2989 Pasal 4 yang berbunyi:” Pendidikan Nasional bertujuan Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan Manusia Indonesia yang seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berbudi luhur pengetahuan dan keterampilan sehat jasmani dan rohani dan berkepribadian serta rasa tanggungjawab bermasyarakat dan bernegara.

Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional di atas, bahwa satuan Lembaga pendidikan perlu kiranya dilakukan evaluasi dan penilaian dalam suatu proses belajar dan mengajar yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi sudah sejauhmana keberhasilan suatu proses pendidikan sebagai tolak ukur untuk peningkatan pendidikan selanjutnya. Berdasarkan pemahaman inilah, perlu kiranya diselenggarakan Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2021/2022 di suatuan Pendidikan yang ditunjuk pemerintahnya, termasuk di Dalamnya Madrasah Aliyah Nurussyahid (MANUSA) Desa Bantarjati Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka.

B.     DASAR HUKUM

1.    Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2.    Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

3.    PeraturanPemerintah No. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan;

4.    Peraturan pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;

5.    Peraturan menteri Agama No. 3 Tahun 2012 tentang Pendididkan Keagamaan Islam;

6.  Peraturan Menteri Agama Nomor 42 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata KerjaInstansi Vertikal Kementerian Agama;

7.   Peraturan Menteri Agama Nomor 66 Tahun 2016 Tentang penyelenggaraan pendidikan Madrasah;

8.   Peraturan Menteri Agama Nomor 165 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab;

9.     Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama ProvinsiJawa Barat No: 635 Tahun  

11.  Program Kerja Tahunan Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati Tahun Pelajaran 2021/2022 pada setiap akhir semester yang tertera pada Kurikulum MA Nurussyahid Tahun 2021/2022.

12.   Kalender Pendidikan MA Nurussyahid Kertajati Tahun Pelajaran 2021/2022.

13.   Rapat  Dewan Guru MA Nurussyahid Kertajati pada hari Sabtu Tanggal 12 Bulan Nopember 2022 Tahun Pelajaran 2021/2022 Tentang Penyusunan Panitia PAS Ganjil 2022

C.      MAKSUD / TUJUAN DAN FUNGSI KEGIATAN

PelaksanaanPenilaian Akhir Semester  (PAS) bertujuan :

1.     Untuk pemetaan mutu Pendidikan dan mengukur pencapaian Standar Kompetensi Peserta didik  pada Kelas X (Sepuluh), XI (Sebelas) dan XII ( Duabelas) Program IPS pada Jenjang Madrasah Aliyah Nurussyahid. 

2.    Dapat dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan dalam Pelaksanaan kegiatan  proses belajar mengajar di satuan pendidikan MA Nurussyahid Kertajati serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pendidikan yang sudah di selenggarakan untuk bahan perbaikan/evaluasi selanjutnya.

Penilaian Akhir Semester  (PAS)  Tahun 2022  berfungs isebagai berikut:

a.       Bahan pertimbangan dalam pemetaan mutu madrasah,

b.      Umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran,

c.       Alat pengendali mutu pendidikan;

d.      Tidak sebagai penentu kenaiaka Kelas

D.     NAMA KEGIATAN

Nama Kegiatan ini adalah  “ UJIAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TAHUN PELAJARAN  2021/2022 Dengan istilah  “ PAS SEMESTER GANJIL TAHUN 2022.

E.      WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Pelaksanaan Ujian  Penilaian Akhir Semester (PAS) Utama  dilaksanakan pada :

Hari/tanggal                   : Senin s/d Selasa  Tanggal 28 Nopember s/d 10 Desember 2022

Waktu                           :  07.30 s.d Selesai

Tempat                          :  Di Kampus MA Nurussyahid

F.  BENTUK UJIAN

Adapun Bentuk Ujian Madrasah pada MA Nurussyahid Bantarjati kertajati dengan :

a.    Ujian Praktek              :  11 Mata Pelajaran  ( 28, 29, 30 Nop  dan 1 Des 2022)

b.    Ujian Tulis                   :  21 Mata pelajaran  (2 s.d 10 Desember 2022)

Jadwal Terlampir

G. MODA PELAKSANAAN  PAS

Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati Majalengka dalam Kegiatan  PASGanjil  (Penilaian Akhir Semester) tahun 2022 adalah secara daring dengan ketentuan peserta PAS (Penilaian Akhir Semester) (Peserta didik) menggunakan HP secara Online dengan menggunakan Google Form yang dapat di akses oleh peserta didik melalui Website Madrasah dengan alamat Website yaitu:

      https://kertajaticintaaulia.blogspot.com.

H.      PESERTA  PAS 

Adapun jumlah peserta yang telah terdaftar sebagai peserta Ujian Penialain Akhir Semester  pada MA Nurussyahid Kertajati Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan rincian sebagai berikut :

-           Kelas X       (IPS)     :   39  orang               Laki-Laki:     14  +   Perempuan :  25

-           Kelas XI      (IPS)     :   34  orang               Laki-Laki:     23  +   Perempuan :  11

-           Kelas XII      (IPS)    :   30  orang               Laki-Laki:     18  +   Perempuan :  12

-           Jumlah                    : 103  orang             (Laki-Laki:    55   +  Perempuan :  48 )

        Daftar Nama Peserta Didik Terlampir

I.  SUSUNAN KEPANITIAAN KEGIATAN PAS TAHUN 2022

Adapun Susunan Kepanitian PAS (PAS) tahun 2022 di MA Nusussyahid Kertajati pada Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah sebagai berikut:

NO

NAMA/NRG/NPK

JABATAN KEPANITIAAN

KETERANGAN

1

Odong Abdurrahman, S.Pd.I, S.Pd

Ketua

Kepala MA 

NRG: 111842128002

2

Aris Sukmawati, S.Pd

Sekretaris

 OPS/ Bahasa Sunda

NUPTK: 3535764665210122

3

Kursiah, S.Pd.I

Bendahara

Bendahara Yayasan

NUPTK: 4144756658300003

4

Nurhayat Amal Hasan, SH

Anggota

Kepala TU

PegID: 20282528198001

5

Ade Sudarsono, A.Md

Anggota

Guru Bahasa Jepang

PegID: 20282528184001

6

Hamid, S.Pd

Anggota

Guru Fiqih

PegID: 20282528195001

SK Kepanitian PAS  2022  terlampil

J.   JADWAL PELAJARAN  PAS (PENILAIAN AKHIR SEJARAH)

Adapun Jadwal  Kegiatan  Ujian  Penilaian Akhir Semester (PAS) di MA Nusussyahid Kertajati pada Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah sebagai berikut:

1.      Jadwal Ujian Praktek

JADWAL UJIAN PRAKTEK PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL TAHUN 2022

MA NURUSSYAHID KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

NO

HARI / TANGGAL

WAKTU

KELAS

MATA PELAJARAN YANG DIUJIKAN

1

Senin, 28 Nopember 2022

07.00 s.d Selesai

X / XI/ XII-IPS

Al-Qur'an Hadis

07.00 s.d Selesai

XI/ XII/ X-IPS

SBK (Seni Budaya )

07.00 s.d Selesai

XII/ X / XI-IPS

Bahasa Jepang

2

Selasa, 29 Nopember 2022

07.00 s.d Selesai

X / XI/ XII-IPS

Ekonomi

07.00 s.d Selesai

XI/ XII/ X-IPS

Fiqih

07.00 s.d Selesai

XII/ X / XI-IPS

Penjasorkes

3

Rabu, 30 Nopember 2022

07.00 s.d Selesai

X / XI/ XII-IPS

Bahasa Inggris

07.00 s.d Selesai

XI/ XII/ X-IPS

Bahasa Arab

07.00 s.d Selesai

XII/ X / XI-IPS

Bahasa Indonesia

4

Kamis, 01 Desember 2022

07.00 s.d Selesai

X / XI/ XII-IPS

Prakarya/ Kwu

07.00 s.d Selesai

XI/ XII/ X-IPS

Ke-NU-an ( Hapalan Hadoroh dan Do'a)

07.00 s.d Selesai

XII/ X / XI-IPS

Aqidah Akhlak / Imla


2.      Jadwal Ujian Tulis

JADWAL UJIAN TULIS PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL TAHUN 2022

MA NURUSSYAHID KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

NO

HARI / TANGGAL

WAKTU       WIB

MATA PELAJARAN YANG DIUJIKAN/PAS

RUANG X IPS

RUANG  XI IPS

RUANG  XII  IPS

1

Jum’at, 2 Desember 2022

07.30-09.00

Al-Qur'an Hadis

Al-Qur'an Hadis

Al-Qur'an Hadis

09.30-11.00

PPKn

PPKn

PPKn

2

Sabtu, 3 Desember 2022

07.30-09.00

Ekonomi

Ekonomi

Ekonomi

09.30-11.00

Fiqih

Fiqih

Fiqih

11.30-13.00

Penjasorkes

Penjasorkes

Penjasorkes

3

Senin, 5 Desember 2022

07.30-09.00

Geografi

Geografi

Geografi

09.30-11.00

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris

11.30-13.00

Sejarah Indonesia

Sejarah Indonesia

Sejarah Indonesia

4

Selasa, 06 Desember 2022

07.30-09.00

Sosiologi

Sosiologi

Sosiologi

09.30-11.00

Bahasa Arab

Bahasa Arab

Bahasa Arab

11.30-13.00

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia

5

Rabu, 07 Desember 2022

07.30-09.00

Sejarah Peminatan

Sejarah Peminatan

Sejarah Peminatan

09.30-11.00

Bahasa Jepang

Bahasa Jepang

Bahasa Jepang

11.30-13.00

Matematika

Matematika

Matematika

6

Kamis, 08 Desember 2022

07.30-09.00

AqidahAkhlak

AqidahAkhlak

AqidahAkhlak

09.30-11.00

SKI

SKI

SKI

11.30-13.00

Seni Budaya/ SBK

Seni Budaya/ SBK

Seni Budaya/ SBK

7

Jum;at, 09 Desember 2022

07.30-09.30

Prakarya/ Kwu

Prakarya/ Kwu

Prakarya/ Kwu

10.00-11.30

Bahasa Sunda

Bahasa Sunda

Bahasa Sunda

8

Sabtu, 10 Desember 2022

07.30-09.00

Ke NU an

Ke NU an

Ke NU an

09.30-11.00

Khitobah/ Buat Video

Khitobah/Buat Video

Khitobah/ Buat Video

11.30-13.00

Fisika Peminatan

Fisika Peminatan

Fisika Peminatan

K.  RAB (RENCANA ANGGARAN BIAYA) KEGIATAN

RAB (Rencana Anggaran Biaya) untuk Kegiatan PAS Berbasis  Online Tahun 2022  MA Nurussyahid Kertajati terlampir.

  L.   SUMBER ANGGARAN

Adapun sumber Anggaran kegiatan  PAS  di MA Nurussyahid Desa Bantarjati Kecamatan Kertajati Tahun Pelajaran 2021/2022 berasal dari Swadana dan BOS MA Tahun Anggaran 2022

  M.  PENUTUP

Proposal ini  dibuat  sebagai  bahan acuan untuk terlaksananya kegiatan Penilaian Akhir Semester  (PAS) Tahun Pelajaran 2021/2022.  Akhirnya mudah-mudahan isi pedoman ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan tidak menutup kemungkinan adanya kritik dan saran demi perbaikan di masa yang akan datang. Terimakasih.

Wassalamu’alaikumWr. Wb.

       Kertajati,  12 Nopember 2022

Mengetahui dan Menyetujui:                                                                  Panitia Penyelenggara Ujian

Ketua,                                                                                                       Sekretaris,

 

 

Share:

TIGA HAL PENTING TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM MENDIDIK DAN MENGAJAR MURIDNYA AGAR SUKSES LAHIR BATIN (SELAMAT HARI GURU NASIONAL 25 NOPEMBER 2022)

FOTO PARA KEPALA MADRASAH ALIYAH SE KKM MAN 3 MAJALENGKA



TIGA HAL PENTING TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM MENDIDIK DAN MENGAJAR MURIDNYA AGAR SUKSES LAHIR BATIN
(SELAMAT HARI GURU NASIONAL 25 NOPEMBER 2022)

       Momen memperingati Hari Guru Nasioanal salah satu ucapan terima kasih para murid terhadap guru. Pasalnya, tugas dan peran guru dalam kehidupan berbangsa dan sehari-hari cukup penting. Mereka telah memberikan ilmu serta kebaikan yang telah di berikan kepada murid dan bekerja keras untuk membimbing para murid untuk lebih baik kedepannya. 

    Setiap tanggal 25 November diperingati Hari Guru Nasional (HGN). Peringatan HGN tahun 2022 ini, Kementerian Agama mengangkat sebuah tema “Berinovasi Mendidik Generasi”. 

      Tema ini sengaja diangkat untuk mengingatkan bahwa para guru dituntut untuk mampu memberi dan menjadi solusi dengan melakukan inovasi-inovasi untuk mendidik generasi penerus  masa depan yang sukses.

       Peringatan Hari Guru Nasional bertujuan untuk menghormati peran dan jasa-jasa guru di Indonesia. Guru sebagai pendidik menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dalam pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia.

     Guru merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah sistem pendidikan. Guru adalah jantung yang bertugas memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah organ paru-paru membersihkan darah tersebut. Ketika jantung berfungsi dan bekerja secara normal dan baik, maka bisa dipastikan tubuh manusia akan baik-baik saja; begitu pula sebaliknya.

       Begitu juga posisi dan peran guru dalam sebuah lembaga pendidikan, guru menjadi titik sentral transformasi, internalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai materi pendidikan dalam sebuah sistem pendidikan Tanpa eksistensi guru, proses pendidikan tidak akan bisa berjalan sama sekali. Tanpa peran aktif guru, sistem pendidikan akan terhenti. Maju tidaknya sebuah lembaga pendidikan di samping karena faktor pengelola juga dipengaruhi oleh kualitas guru di lembaga itu sendiri. Semakin berkualitas guru-guru sebuah lembaga pendidikan, maka siswa-siswanya juga akan semakin berkualitas dan berkelas.

     Oleh karena itu, kajian tentang guru baik dalam ranah konseptual maupun ranah aktual selalu menarik dan penting untuk dibahas. Tulisan ini akan mencoba mengurai tugas dan peran guru yang tersurat dan tersirat dalam ayat Al-Qur`an dalam konteks dan pespektif pendidikan. Dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran : 164, Allah swt berfirman.

“Sungguh, Allah telah memberi nikmat  (karunia) kepada orang-orang beriman ketika (Allah) mengutus seorang Rasul (Muhammad) di tengah-tengah mereka dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab (Al-Qur’an) dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Ali Imran :164)

 

Baiklah, mari kita coba mengurai satu persatu ayat tersebut di atas :

    telah memberikan nikmat kepada orang-orang yang beriman dengan diutusnya seorang Rasul dari kalangan mereka sendiri.

      Orang-orang yang beriman penulis ibaratkan sebuah komunitas atau sebuah lembaga pendidikan. Sedangkan seorang Rasul itu adalah seorang guru atau pendidik. Rasul tersebut juga berasal dari kalangan mereka sendiri (min anfusihim), sehingga mereka mudah memahami tutur katanya dan dapat menyaksikan tingkah lakunya untuk diikuti dan dicontoh amal-amal perbuatannya.

     Dalam konteks sebuah lembaga pendidikan, guru yang akan menjadi sebuah karunia apabila guru tersebut  memiliki persamaan persepsi dengan pengelola lembaga dan memiliki kesamaan visi misi dan tujuan pendidikan tempat dimana dia mengabdi.

     Di samping memiliki persamaan yang dimaksud, guru harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari lembaga sekolah/madrasah serta lmembaur dan lebur dengan seluruh civitas sekolah. Tidak berjarak antar sesama guru dan dengan peserta didik sesuai dengan makna min anfusihim. Dengan demikian para peserta didik merasakan kedekatan dengan guru baik secara lahir maupun secara batin. Ketika sudah tercipta hubungan yang sangat erat antar guru dan murid, maka proses tarbiyah (mendidik rohani), ta’dib (mendidik akhlak) dan ta’lim (transfer of knowledge) akan berjalan dengan baik dan sukses.

     Dalam potongan ayat setidaknya ada tiga tugas utama seorang Rasul “guru” yaitu pertama :membacakan ayat-ayat Allah; kedua : mensucikan jiwa (batin); dan ketiga mengajarkan Kitab (Al-Qur’an) dan Hikmah.

1. Membacakan Ayat-ayat Allah (يتلو)

Dalam bahasa Arab kata Talaa-Yatluu-Tilawah memiliki arti yang berbeda dengan qaraa yaqrau qiraah. Qiraah  memiliku arti membaca secara tekstual dan konteksktual. Sedangkan arti tilawah tidak hanya sekedar membaca secara tekstual tetapi juga bermakna memahami dan mengamalkan apa yang dibaca. Itulah alasannya mengapa ayat yang pertama turun adalah surat Al-Alaq yang diawali dengan kata Iqra’.

Dari makna di atas, dapat penulis katakan bahwa tugas pertama seorang guru adalah mendekatkan murid kepada Al-Qur’an dengan mengajak mereka istiqamah membacanya. Al-Qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan yang paling tinggi dan sumber paling utama dalam Islam. Ketika para peserta didik istiqamah membaca Al-Qur’an dalam setiap dan menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan utama sehari-hari, maka sudah pasti dia sudah semakin dekat dengan ilmu-ilmu  pengetahuan dan semakin dekat pula dengan Dzat yang Maha Memberi ilmu-ilmu pengetahuan itu sendiri.

Tidak hanya itu, membaca Al-Qur`an juga akan membuat daya ingat seseorang akan semakin kuat. Semakin banyak seseorang membaca Al-Qur`an, semakin kuat daya hafalannya sebagaimana  dijelaskan dalam kita Ta’limul Muta’allim.

Setelah guru berhasil mengajak dan mendekatkan para siswa kepada Al-Qur’an, maka tugas guru selanjutnya adalah memahamkan maksud dan arti bacaan Al-Qur`an itu sendiri. Tentu seorang guru tidak bisa memberikan pemahaman makna Al-Qur`an sebelum dirinya sendiri paham terlebih dahulu. Tentu para siswa tidak berhenti hanya sekedar paham saja tetapi diajak untuk mengamalkan dan mengimplementasi pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.  Para siswa pun juga akan termotivasi untuk mengamalkan ilmunya jika gurunya mampu menjadi role model (uswah hasanah) terlebih dahulu.

2. Mensucikan (يزكي)

Bersuci dalam Bahasa Arah memiliki beberapa padanan kata yaitu Yuthahhir (Thaharah) dan Yuzakki (Tazkiyah). Thaharah artinya mensucikan tubuh dari kotoran dzahir. Sedangkan Tazkiyah lebih cenderung kepada penyucian bathin. Karenya para ulama mengartikan Tazkiyah sebagai penyucian, pembinaan, serta penumbuhan jiwa menuju kehidupan spiritual yang lebih tinggi. Imam Al-Ghazali menjelaskan bahwa tazkiyah merupakan pembersihan diri dari sifat kebuasan, kebinatangan, dan setan untuk kemudian mengisi dengan sifat-sifat terpuji. 

Jika dihubungkan dengan pendidikan Islam, maka pembersihan dan penyucian jiwa ini sangat diperlukan karena tujuan dari pendidikan Islam itu sendiri adalah membentuk manusia yang memiliki akhlak yang baik, dan akhlak yang baik ini bisa diperoleh jika jiwa peserta didik sudah benar-benar bersih dan suci dari segala kotoran jiwa.

Dari ayat di atas dapat pahami, bahwa tazkiyah merupakan bagian pengondisian psikis siswa  sebelum proses pembelajaran. Pengkondisian belajar menjadi bagian kegiatan mendasar dan fundamental yang perlu dilakukan oleh guru dalam memfasilitasi kondisi suasana belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, dan efektif  agar anak dapat belajar dan mengembangkan potensinya secara optimal.

Lebih dari itu, dalam Islam pengkondisian hati dan jiwa jauh lebih penting daripada pengkondisian pembelajaran secara umum. Jika hati seorang murid sudah bersih dari sifat-sifat buruk dan penyakit-penyakit hati serta dihiasi dengan akhlak yang terpuji, maka proses pembelajaran akan berjalan efektif dan produktif. Hati yang bersih akan mampu menggerakkan seluruh tubuhnya untuk mengaktualisasikan pengetahuannya menjadi sebuah amaliah nyata.

3. Mengajarkan Kitab dan Hikmah (يعلم)

Mengajarkan (ta’lim) merupakan tahapan yang terakhir. Artinya setelah guru berhasil mendekatkan peserta didik dengan Al-Qur’an dan memiliki hati yang bersih dan akhlak terpuji, maka barulah proses pembelajaran dilaksanakan.

Mengajarkan Al-Kitab dan Hikmah Maksudnya adalah seorang bertugas mentransfer (memindahkan) ilmu yang dimilikinya untuk para peserta didiknya. Ilmu tersebut ada di dalam Al-Qur`an dan hadits sebagai sumber utama ilmu pengetahuan dalam Islam. Sedangkan hikmah adalah setiap kalimat yang mengandung kebaikan berguna sepanjang masa yang tidak lekang ditelan zaman.

Kalau ketiga kata kerja ayat di atas, semuanya menggunakan kata kerja fi’il mudhari yaitu kata kerja yang menunjukkan waktu saat ini dan masa yang akan datang. Artinya ayat ini mengisyaratkan bahwa dalam mendidik, para guru dituntut untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan melakukan inovasi-inovasi yang berorientasi pada masa depan. Inilah makna tema Berinovasi Mendidik Generasi.

Semoga dengan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022 ini, kita sebagai pendidik dapat melaksanan petunjuk Al-Qur`an tersebut dalam melaksanakan tugas kita dalam mendidik generasi masa depan yang cemerlang.

Akhirnya Civitas Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati Majalengka Mengucapkan Selamat Memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022

  
 
GURU SANG PENGABDI SEJATI
Dewi Mayasari Guru MA Nurussyahid

Guru pelita hidupku
Penerang dalam kegelapan
 Sang pengabdi  sejati
Tak kenal lelah melangkah
Mendidik, mengajar memberi ilmu
Berpacu cerdaskan anak bangsa

Guru adalah Sang Patriot  bangsa
Jasa- jasamu dalam pengabdian
Tak ternilai dengan apapun
Guru sungguh ikhlas berwibawa
Menebarl ilmu dengan senyuman

Guruku terima kasihku ucapkan
Atas baktimu untuk negeri
Dalam mencerdaskan generasi
Jasa- jasamu sungguh mulia

251122


Share:

NASEHAT MBAH MOEN BUAT KITA SEMUA

Translate

KUMPULAN KITAB TERJEMAHAN


Foto Kepala MA Nurussyahid Kertajati dengan Gus Sauqi Putra Abah KH. Ma'ruf Amin (Wakil Presiden RI)

KEPALA MA BERSAMA PARA PURNAWIRAWAN TNI PADA ACARA MUNAJAT RAJAB

SANTRI MA NURUSSYAHID KERTAJATI PADA ACARA MUNAJAT RAJAB 1440 H

KUNJUNGAN SULTAN SEPUH KE YAYASAN