Madrasah Aliyah Nurussyahid (MANUSA) adalah Sekolah Menengah Atas Setingkat SMA/SMK, Yang berdiri 2013 dengan Unggulan Magang dan Mahir Bahasa Jepang


Niat yang baik akan menghasilkan prasangka yang baik, Prasangka yang baik akan menghasilkan Aqidah yang baik dan Aqidah yang baik akan menghasilkan Akhir yang baik (Khusnul Khotimah). Hidup ini adalah Perjuangan, perjuangan perlu pengorbanan, pengorbanan perlu kecintaan, kecintaan perlu kesungguhan dalam Do'a dan Ikhtiar yang seimbang. kecintaan perlu keikhlasan dan keikhlasan perlu kesabaran, maka Allah berfirman Jadikan Sabar dan Sholat sebagai penolongmu melalui petunjuk sang Guru Mursyid.

2021/03/06

INDIKATOR PKK RA TENTANG BAGIAN KE I (SATU) USAHA PENGEMBANGAN RAUDHATUL ATHFAL

 

FOTO BERSAMA DEWAN GURU RA NURUL HIKMAH DESA BANTARJATI BESERTA 

INDIKATOR PENILAIAN KINERJA KEPALA RA NURUL HIKMAH BANTARJATI  

BIDANG 1 TENTANG USAHA PENGEMBANGAN RAUDHATUL ATHFAL


No.

Tugas Utama / Unsur Tugas Utama

Indikator Kinerja

Data Yang Diharapkan

Bukti Hasil kinerja

Hasil Kinerja

1

2

3

4

1.     USAHA PENGEMBANGAN RAUDHATUL ATHFAL

1.1

Mengembangkan Raudhatul Athfal sesuai dengan kebutuhan

1.)   Mampu mengembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program

Dokumen struktur Raudhatul Athfal

Bagan / struktur organisasi

 

 

 

v

Notulen rapat keputusan tentang penyusunan struktur organisasi

Dokumen sosialisasi

Daftar hadir

2.)   Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhan

Dokumen uraian tugas personalia di Raudhatul Athfal

Dokumen penetapan / pengesahan susunan organisasi

 

 

 

v

Rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi Raudhatul Athfal

SOP personalia

Sertifikat

3.)   Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi Raudhatul Athfal

Pedoman dan prosedur kerja organisasi Raudhatul Athfal

Dokumen SOP Raudhatul Athfal / pedoman Sistem Informasi Raudhatul Athfal

 

 

 

v

1.2

Mengelola perubahan dan pengembangan Raudhatul Athfal menuju organisasi pembelajar yang efektif

1.)   Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi

Program pengembangan Raudhatul Athfal mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat dari pada pencapaian sebelumnya

Visi dan misi Raudhatul Athfal

 

 

 

v

Data prestasi Raudhatul Athfal

Data nilai pertumbuhan dan perkembangan anak 3 tahun terakhir

Data alumni

RKJM

 

 

2.)   Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul

Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas

Bagan / struktur organisasi

 

 

 

v

SK

Tugas dan informasi

Pedoman monitoring dan evaluasi kerja

Pedoman reward dan punishment

3.)   Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran

Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi terprogram

Dokumen kurikulum

 

 

 

v

Kalender pendidikan

Perangkat pembelajaran

Penilaian

Peraturan akademik

Notulen diskusi evaluasi rutin pembelajaran

4.)   Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi Raudhatul Athfal

Dokumen bukti perkembangan potensi dan prestasi peserta didik yang meningkat dari waktu ke waktu

Data prestasi Raudhatul Athfal 1 tahun terakhir

 

 

v

 

Data hasil nilai pertumbuhan dan perkembangan anak 1 tahun terakhir

Dokumen akreditasi

Program ekstrakurikuler

Program unggulan Raudhatul Athfal

1.3

Mengelola hubungan antara Raudhatul Athfal dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan

1.)   Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

SK Komite Raudhatul Athfal

 

 

 

v

AD/ART komite Raudhatul Athfal

Program kerja komite Raudhatul Athfal

Laporan kegiatan komite Raudhatul Athfal

Dokumen tertulis kerja sama (MOU)

Foto-foto

Laporan kegiatan

2.)   Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Dokumen program kerja sama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat

Program kegiatan kerja sama

 

 

v

 

Foto kegiatan

Jadwal kegiatan

Laporan kegiatan

 

 

3.)   Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Data hasil kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Laporan kegiatan kerja sama

 

 

v

 

Laporan monitoring / evaluasi kegiatan

Dokumentasi foto / video pelaksanaan kerjasama

1.4

Mengelola proses pencapaian 8 SN-PAUD sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

1.)   Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi

Dokumen analisis SN-PAUD dalam hal standar isi

Kurikulum

 

 

 

v

Kalender pendidikan

Perangkat pembelajaran

Pedoman penilaian

Peraturan akademik

Buku kerja guru

Dokumen rapat penyusunan kurikulum (daftar hadir, daftar peserta, foto)

2.)   Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses

Dokumen analisis SN-PAUD dalam hal standar proses

Dokumen STPPA, IPPA, PPMP

 

 

v

 

Prosem, RPPM, RPPH

Struktur kurikulum

Pembagian jam mengajar

Jadwal mengajar

PWBE

Buku teks

Jurnal mengajar guru

Data siswa per kelompok/kelas

Dokumen supervisi (laporan pemantauan pembelajaran, laporan evaluasi pembelajaran dan rencana tindak lanjut)

 

 

3.)   Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian

Dokumen analisis SN-PAUD dalam hal standar penilaian

Ceklis perkembangan harian

 

 

 

v

Catatan anekdot

Hasil karya anak

Kompilasi data nilai bulanan

Kompilasi data nilai semester

Dokumen portofolio anak

Laporan hasil pembelajaran (Rapor)

Laporan hasil pembelajaran (Ijazah)

Tindak lanjut hasil penilaian

 

 

4.)   Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA)

Dokumen analisis SNP dalam hal standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA)

Dokumen program kegiatan kesiswaan

 

 

v

 

Laporan kegiatan kesiswaan

Dokumentasi kegiatan kesiswaan

Laporan kegiatan pembiasaan siswa

Dokumen kegiatan literasi

Data hasil penilaian perkembangan anak 2 tahun terakhir

Data prestasi akademik 2 tahun terakhir

Data prestasi non akademik 2 tahun terakhir

1.5

Mengelola unit layanan khusus Raudhatul Athfal dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di Raudhatul Athfal

1.)   Mampu mengelola layanan kesehatan Raudhatul Athfal agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan kesehatan peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan layanan kesehatan untuk kepentingan kesehatan peserta didik

Luas sesuai standar

 

 

v

 

Sarana pendukung layanan kesehatan

Program kerja layanan kesehatan

Jurnal dan laporan pengelolaan layanan kesehatan

2.)   Mampu mengelola perpustakaan Raudhatul Athfal dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

Luas sesuai standar

 

 

v

 

Sarana pendukung

Daftar buku induk perpustakaan

Laporan pengelolaan perpustakaan

Program kerja perpustakaan

 

 

3.)   Mampu mengelola usaha Raudhatul Athfal untuk pembelajaran peserta didik dan pemasukan tambahan dana bagi Raudhatul Athfal

Adanya bukti kegiatan usaha Raudhatul Athfal dalam pembelajaran

Data / laporan kegiatan usaha Raudhatul Athfal

 

 

v

 

Dokumentasi kegiatan (foto / video)

4.)   Mampu mengelola koperasi Raudhatul Athfal baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

Instrumen hasil praktik pembelajaran

 

 

v

 

Foto kegiatan praktik

AD/ART koperasi

Laporan RAT

1.6

Mengelola sistem informasi Raudhatul Athfal dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

1.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen Raudhatul Athfal

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen Raudhatul Athfal

Fasilitas teknologi dan informasi

 

 

 

v

Sumber daya informasi

Website Raudhatul Athfal

Pedoman Sistem Informasi Raudhatul Athfal

2.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat / media pembelajaran

Adanya bukti pemanfaatan teknologi infomrasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran

Ketersediaan komputer

 

 

 

v

Jaringan internet

Website Raudhatul Athfal

Alamat email Raudhatul Athfal

Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran (observasi / wawancara)

3.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain

Pengelolaan SIM

 

 

v

 

Fasilitas SIM

Surat tugas pengelola SIM

Pelaporan data dan informasi

Program kerjasama

MOU

Observasi dan wawancara

4.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program Raudhatul Athfal dan prestasi yang telah dicapai

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program Raudhatul Athfal dan prestasi yang dicapai

Pengelolaan SIM

 

 

v

 

Fasilitas SIM

Surat tugas pengelola SIM

Pelaporan data dan informasi

Program promosi

Observasi dan wawancara

1.7

Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen Raudhatul Athfal

1.)   Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, LCD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan

Jumlah komputer dan LCD yang cukup

 

 

 

v

Memiliki jaringan internet

Memiliki web Raudhatul Athfal

Memiliki email Raudhatul Athfal

Laporan absensi elektronik

Dokumen lain pemanfaatan TIK untuk administrasi Raudhatul Athfal

2.)   Mengelola administrasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Model penerapan TIK dalam pengelolaan administrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya : pengelolaan kurikulum berbasis komputer, inttranet, dan internet

Jumlah komputer dan LCD yang cukup

 

 

v

 

Memiliki jaringan internet

Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran (seperti etmodo, google, classroom, dll.)

Pengelolaan penilaian secara online

3.)   Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, dan internet

Katalog digital

 

 

v

 

BSE

Akses internet

Komputer

Dokumen aplikasi layanan perpustakaan



 

Share:

KKMA KABUPATEN MAJALENGKA SELENGGARAKAN KEGIATAN RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PELAKSANAAN UJIAN MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021


 KKMA KABUPATEN MAJALENGKA SELENGGARAKAN KEGIATAN RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PELAKSANAAN UJIAN MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

KEPALA KAMENAG KABUPATEN MAJALENGKA SAAT MEMBUKA ACARA SOSIALISASI PERSIAPAN PELAKSANAAN UJIAN MADRASAH TAHUN 2020/2021 

Sesuai yang telah diagendakan, pada Rabu (24/02) KKMA Kabupaten Majalengka melaksanakan Sosialisasi Pembuatan Soal Ujian Madrasah Tahun 2021. Kegiatan tersebut sekaligus melatih pembuatan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). Bertempat di aula Kantor Kementerian Agama, Kegiatan diikuti oleh 35 Orang Kepala Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Majalengka, acara di hadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka yang Baru Bapak Drs. H. Moh. Mulyadi, M.MPd sekaligus membuka acara tersebut, hadir juga pada acara pembukaan Kasi Mapenda Bapak Dr. H. Saepulloh, M.Pd.I mendampingi Kepala Kemenag,  Hadir juga Koordinator Pengawas Madrasah Aliyah Bapak Drs. H. Sudianto, M.Pd.I 

Mengawali kegiatan Rapat Koordinasi KKMA Tingkat Kabupaten Majalengka, di isi oleh Ketua KKMA Kabupaten Majalengka Ibu Dr. Hj. Euis Damayanti, M.P.Kim menyampaikan beberapa hal penting. Diantaranya adalah bahwa kegiatan sosialisasi ini berdasarkan pada SE Dirjen Pendis tentang Kelulusan dan Kenaikan Kelas. Berdasarkan SE tersebut, mulai tahun pelajaran 2020/2021 Ujian Nasional (UN) jenjang Mts dan MA ditiadakan, termasuk Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). 

"Mulai tahun 2021 ini, pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) termasuk Ujian Semester sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing madrasah. Untuk itu setiap guru harus benar-benar siap menyusun soal ujian. Baik untuk soal UM untuk kelas XII maupun untuk ujian semester nantinya bagi kelas X dsn XI,"

"Diharapkan kegiatan ini menambah kemampuan guru dalam menyusul soal ujian . Termasuk dalam membuat soal yang bersifat HOTS (Higer OrderThingking Skill). Seluruh materi terkait hal itu akan diberikan oleh narasumber Bapak Drs. H. Sudianto, M.Pd.I dengan jabatan sebagai Koordinator Pengawas Madrasah Aliyah.

Adapun dalam sosialisasi ini Meteri yang di sampaikan narasumber adalah penyusunan soal memberikan materi terkait ketentuan membuat soal UM tahun 2021. Selanjutnya membahas bagaimana membuat soal yang bisa dikategorikan soal HOTS. peserta sosialisasi tersebut dilatih menyusun kisi-kisi soal dan membuat soal berdasarkan materi yang telah diberikan.

Adapun Jadwal Sebagai berikut :

 Foto para Kepala Madrasah Aliyah Saat menyimak Penyampain      Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka


FOTO DI BAWAH INI ADALAH PARA KEPALA MA YANG MENGALAMI PERGANTIAN DI LEMBAGANYA

DI BAWAH INI DAFTAR HADIR PESERTA SOSIALISASI UJIAN MADRASAH TAHUN 2020/2021


Share:

Translate

RAPOT DIGITAL MADRASAH (RDM)

KALENDER MA NURUSSYAHID

Calendar Widget by CalendarLabs

NU ONLINE

NPSN MA NURUSSYAHID

KUMPULAN KITAB TERJEMAHAN

LOKASI MA NURUSSYAHID


Foto Kepala MA Nurussyahid Kertajati dengan Gus Sauqi Putra Abah KH. Ma'ruf Amin (Wakil Presiden RI)

KEPALA MA BERSAMA PARA PURNAWIRAWAN TNI PADA ACARA MUNAJAT RAJAB

SANTRI MA NURUSSYAHID KERTAJATI PADA ACARA MUNAJAT RAJAB 1440 H

KUNJUNGAN SULTAN SEPUH KE YAYASAN