Madrasah Aliyah Nurussyahid (MANUSA) adalah Sekolah Menengah Atas Setingkat SMA/SMK, Yang berdiri 2013 dengan Unggulan Magang dan Mahir Bahasa Jepang


Niat yang baik akan menghasilkan prasangka yang baik, Prasangka yang baik akan menghasilkan Aqidah yang baik dan Aqidah yang baik akan menghasilkan Akhir yang baik (Khusnul Khotimah). Hidup ini adalah Perjuangan, perjuangan perlu pengorbanan, pengorbanan perlu kecintaan, kecintaan perlu kesungguhan dalam Do'a dan Ikhtiar yang seimbang. kecintaan perlu keikhlasan dan keikhlasan perlu kesabaran, maka Allah berfirman Jadikan Sabar dan Sholat sebagai penolongmu melalui petunjuk sang Guru Mursyid.

2025/11/09

VISI DAN MISI MADRASAH ALIYAH NURUSSYAHID BANTARJATI KERTAJATI MAJALENGKA


Foto Guru MA Nurussyahid Kertajati dengan Pengawas Silang dari MAN 3 Majalengka setelah selesai Kegiatan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Kelas 12 MANUSA Bulan Nopember Tahun 2025

 VISI DAN MISI MADRASAH ALIYAH NURUSSYAHID KERTAJATI MAJALENGKA 

A. VISI MADRASAH

Untuk mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita Madrasah Aliyah  Nurussyahid (MANUSA) Desa Bantarjati Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka yang berorientasi ke masa depan dengan mempertimbangkan potensi dan keadaan madrasah serta lingkungannya, maka Madrasah memiliki visi sebagai berikut :

Terwujudnya Lulusan MANUSA Kertajati yang Religius, Berakhlaqul Karimah dan Memiliki Keterampilan dalam Berbahasa Jepang “

1.  Indikator visi

Adapun Capaian Indikator dari visi Madrasah Aliyah Swasta (MANUSA) Nurussyahid Kertajati Majalengka dirumuskan sebagai berikut adalah sebagai berikut :

a. Religiuspeserta didik di MAS Nurussyahid Kertajati di harapkan Memegang Agama Islam dengan Kuat dan selalu memegang nilai-nilainya ,

Dimensi religiusitas menurut Glock dan Stark (Ancok dan Nashori, 1994) yaitu dimensi keyakinan, dimensi praktek agama, dimensi penghayatan, serta dimensi konsekuensi dan pengalaman . Keempat dimensi ini

a)      Penanaman Keimanan / Keyakian yang kuat Kepada Allah

b)    Menjalankan dan mempraktekan kewajiban agama seperti :Shalat fardhu dan menjalankan wirid rutin Bertawasul, Berdo’a dan membaca Asmaul Husna setiap mengawali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

c)     Mampu Menghayati Nilai-nilai keagamaan

d)    Mampu memahami tentang sebuah konsekuensi pengalaman dalam setiap pengamalan nilai-nilai keagamaan

b.    Berakhlaqul Karimah:

Menurut M Yatimin Abdullah, mengutip pendapat dari Ibn Rasyid “Akhlakul karimah adalah “tingkah laku yang terpuji yang merupakan tanda kesempurnaan iman seseorang kepada Allah. Akhlakul karimah dilahirkan berdasarkan sifat-sifat terpuji, meliputi :

a.  Akhlak Terhadap Allah, meliputi :

 -  Bertakwa kepada Allah

 -  Ikhlas dalam beribadah kepada Allah, SWT

 -  Tawakal kepada Allah atas apapun

 -  Menanamkan rasa syukur Kepada Allah, SWT

   - Mencintai dan mematuhi Allah SWT

b. Akhlak Terhadap Rasulullah, meliputi :

    -  Mengucapkan shalawat dan salam.

    -  Mencintai Rasulullah secara tulus dengan mengikuti semua sunnahnya.

    -  Menjadikan Rasulullah sebagai idola, suri teladan dalam hidup dan berkehidupan.

     -  Menjalankan apa yang disuruhnya dan tidak melakukan apa yang dilaragnya

c.   Akhlak Terhadap diri Sendiri, Meliputi :

    -  Shiddiq (jujur)

    -  Memelihara Amanah

    -  Bersifat Sabar

    -  Tawadhu (merendah hati terhadap sesama)

    -   Bersifat Pemaaf

    -  Ta‟awun (saling menolong)

    -   Hormat Kepada Teman dan Sahabat

d)  Akhlak Terhadap Orang Tua, Meliputi :

    -  Selalu taat kepada kedua orang tua selama tidak bermaksiat kepada Allah

    -  Berbicara dengan kedua orang tua dengan penuh sopan santun.

    -  Usahakan selalu meminta ijin ketika berpergian dan mencium tanganya.

e)  Akhlak Terhadap Guru, meliputi :

   -  Seorang guru harus memiliki sifat zuhud khususnya dalam mendidik.

 - Guru harus menjaga kehormatanya. Mereka harus membuat murid patuh dan loyal

    guru. Kepribadiannya harus dijaga dan harkat, martabatnya harus dipertahankan.

   -  Guru harus memiliki ilmu dan metode dalam mengajar.

   -  Watak guru harus menjadi cerminan bagi murid

c.    Memiliki Keterampilan  dalam Berbahasa Jepang:

Mata pelajaran Bahasa Jepang bertujuan untuk memastikan peserta didik mencapai kemampuan berkomunikasi level A2 (pemula) JF Standar dengan memperhatikan butir- butir berikut:

1. Mengembangkan kompetensi komunikatif dalam bahasa Jepang dengan berbagai teks multimodal (lisan, tulisan, visual, audiovisual); Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Jepang Fase F untuk SMA/MA/Program Paket C 5

2. Mengembangkan kompetensi interkultural untuk memahami dan menghargai perspektif, praktik, produk budaya Jepang, sekaligus mampu merefleksi budaya sendiri;

3. Mengembangkan kepercayaan diri untuk berekspresi sebagai individu yang mandiri dan bertanggung jawab;

4. Mengembangkan keterampilan abad ke-21 (critical thinking, creative, communicative, collaborative, curiocity, computational thinking);

5. Memfasilitasi peserta didik yang berminat untuk mempelajari dan menguasai bahasa Jepang secara menyeluruh; dan

6. Memperkaya peserta didik dengan pengetahuan bahasa Jepang yang lebih luas dan komprehensif

7. Pembiasaan berbahasa jepang dalam berkomunikasi meliputi Guru, dan semua para siswa dalam Persiapan alumni untuk dapat Magang ke Jepang

8. Mampu mendatangkan Orang Jepang untuk Intervieu bagi anak yang mau berangkat magang ke Jepang

9. Mengikuti Program Nihonggo Patners

 

B.   MISI MADRASAH

Adapun Misi MA Nurussyahid Kertajati Majalengka adalah sebagai berikut:

1.  Meningkatkan kegiatan penghayatan dan pengamalan syariat Islam.

Refresentasi dari:

·     Visi: Religius

·    Elemen Profil Pelajar Pancasila: Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

·  Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Berkeadaban (Ta’addub), Keteladanan (Qudwah)

2. Mengintegrasikan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (PBKB) dan Pendidikan Kewirausahaan dalam seluruh kegiatan madrasah. Refresentasi dari:

·       Visi: Berakhlak

·       Elemen Profil Pelajar Pancasila: Berkebinekaan Global, Gotong Royong, Kreatif, Mandiri

·       Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Kewarganegaraan dan Kebangsaan (Muwatanah), Mengambil Jalan Tengah (Tawassut), Berimbang (Tawazun)

3.  Mengembangkan kegiatan belajar mengajar secara efektif dan inovatif.

Refresentasi dari:

·      Visi: Berakhlak

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Kreatif, Bernalas Kritis

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Dinamis dan Inovatif (Tathawwur wa ibtikar)

4. Mengembangkan minat dan bakat peserta didik melalui program keterampilan dan ekstrakurikuler.

Refresentasi dari:

·      Visi: Berakhlak

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Kreatif, Mandiri, Bergotong Royong

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Kesetaraan (Musawah), Toleransi (Tasamuh)

5.  Meningkatkan prestasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan dilandasi integritas, profesionalitas, inovatif, tanggungjawab dan keteladanan. Refresentasi dari:

·      Visi: Berakhlak

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Kreatif, Mandiri, Bergotong Royong

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil‘alamin: Keteladanan (Qudwah), Kesetaraan (Musawah).

6.  Mengembangkan manajemen dengan melibatkan partisipasi seluruh warga.

Refresentasi dari:

·      Visi: Berakhlak

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Bergotong Royong

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Musyawarah (Syura), Toleransi (Tasamuh).

7.   Mampu Magang Ke Negara Jepang

Refresentasi dari:

·      Visi: Mahir Berbahasa Jepang

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: mampu berdaya saing

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Keteladanan (Qudwah), Kesetaraan (Musawah).

Share:

0 comments:

Post a Comment

Translate

RAPOT DIGITAL MADRASAH (RDM)

KALENDER MA NURUSSYAHID

Calendar Widget by CalendarLabs

NU ONLINE

NPSN MA NURUSSYAHID

KUMPULAN KITAB TERJEMAHAN

Arsip

LOKASI MA NURUSSYAHID


Foto Kepala MA Nurussyahid Kertajati dengan Gus Sauqi Putra Abah KH. Ma'ruf Amin (Wakil Presiden RI)

KEPALA MA BERSAMA PARA PURNAWIRAWAN TNI PADA ACARA MUNAJAT RAJAB

SANTRI MA NURUSSYAHID KERTAJATI PADA ACARA MUNAJAT RAJAB 1440 H

KUNJUNGAN SULTAN SEPUH KE YAYASAN