Foto Kegiatan Les Jepang Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati Tahun 2025 Peserta Didik Yang Siap Magang Ke Jepang
Program Kepala Madrasah Pada Bidang Supervisi Pada Kegiatan PKKM 2025
INDIKATOR TUGAS KINERJA 4 (EMPAT)
BIDANG SUPERVISI PADA TUGAS KINERJA 2 (DUA) DAN KINERJA 3 (TIGA)
|
4. SUPERVISI |
|||
|
INDIKATOR TUGAS KINERJA 2 (DUA) |
|||
|
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat |
|||
|
NO |
Indikator Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Bukti Hasil kinerja |
|
1) |
Mengadakan pertemuan awal untuk menjaring data rencana pembelajaran dan menetapkan fokus kegiatan supervisi |
Terdapat data hasil pertemuan awal seperti : masalah, tujuan, fokus utama supervisi, dan instrumen yang disepakati |
Wawancara dan studi dokumen : Program pengawasan pembelajaran / supervisi pembelajaran |
|
2) |
Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan masalah supervisi |
Dokumen hasil observasi pembelajaran, lengkap, objektif, dan selektif serta relevan dengan masalah yang menjadi fokus supervisi |
Wawancara dan studi dokumen : Instrumen supervisi pembelajaran |
|
3) |
Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil observasi, dan menyimpulkan hasil observasi |
Dokumen catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan refleksi, himpunan data hasil supervisi, analisis data, penafsiran, penilaian keunggulan dan kelemahan, serta rekomendasi perbaikan |
Wawancara dan studi dokumen : Analisis hasil supervisi pembelajaran |
|
Daftar hadir, notulen, foto pertemuan refleksi hasil supervisi |
|||
|
4) |
Bersama guru menyusun rekomendasi tindak lanjut perbaikan dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaan |
Data tindak lanjut pelaksanaan supervisi penilaian, bukti analisis butir soal, kegiatan remedial dan pengayaan |
Wawancara dan studi dokumen : Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi penilaian |
|
INDIKATOR TUGAS KINERJA 3 (TIGA) |
|||
|
Menilai dan menindak lanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru |
|||
|
NO |
Indikator Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Bukti Hasil kinerja |
|
1) |
Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar |
Terdapat bukti tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar |
Wawancara dan studi dokumen : Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi pembelajaran |
|
2) |
Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh guru |
Dokumen rekomendasi perbaikan sistem penilaian hasil belajar secara berkala |
Wawancara dan studi dokumen rekomendasi hasil perbaikan sistem penilaian hasil belajar |
|
3) |
Melaksanakan pembinaan dan pengembangan guru sebagai tindak lanjut kegiatan supervisi |
Terdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil supervisi sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru |
|
|
4) |
Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian program sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya |
Hasil supervisi keterlaksanaan dan ketercapaian program sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil madrasah sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya |
|






0 comments:
Post a Comment