Program Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Aliyah Nurussyahid 2025
INDIKATOR TUGAS KINERJA 3 (TIGA) BIDANG KEWIRAUSAHAAN PADA TUGAS KINERJA 1 (DUA), 2 (DUA), 3 (TIGA), 4 (EMPAT) DAN KINERJA 5 (LIMA)
|
3. KEWIRAUSAHAAN |
|||
|
INDIKATOR TUGAS KINERJA 1 (SATU) |
|||
|
Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan Tepat bagi pengembangan madrasah |
|||
|
NO |
Indikator Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Bukti Hasil kinerja |
|
1) |
Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) madrasah |
Adanya bukti perubahan madrasah yang lebih baik dari tahun ke tahun |
|
|
2) |
Menggunakan metode, teknik, dan proses perubahan madrasah |
Adanya bukti strategi dalam perubahan madrasah yang lebih baik |
|
|
3) |
Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasi |
Adanya bukti iklim yang mendorong kebebasan berfikirkreatif dan inovatif |
|
|
4) |
Mendorong warga madrasah untuk melakukan prakar sa / keberanian moral untuk me lakukan hal-hal baru |
Adanya bukti warga madrasah yang memiliki keberanian untuk melakukan hal-hal baru |
|
|
INDIKATOR TUGAS KINERJA 2 (DUA) |
|||
|
Bekerja keras untuk Mencapai Keberhasilan Madrasah sebagai Organisasi Pembelajaran yang Efektif |
|||
|
NO |
Indikator Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Bukti Hasil kinerja |
|
1) |
Mampu bertindak kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak |
Adanya bukti kegiatan yang kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak |
|
|
2) |
Mampu memberdayakan potensi madrasah secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasah |
Adanya bukti kegiatan pemberdayaan potensi madrasah secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasah |
|
|
|
|||
|
|
|||
|
|
|||
|
3) |
Mampu membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga madrasah |
Adanya bukti kegiatan yang membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga madrasah |
|
|
4) |
Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengem bangkannya |
Adanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkan nya |
|
|
INDIKATOR TUGAS KINERJA 3 (TIGA) |
|||
|
Memiliki Motivasi yang Kuat untuk Sukses Dalam Melaksanakan Tugas Pokok Dan Fungsinya Sebagai Pemimpin madrasah |
|||
|
NO |
Indikator Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Bukti Hasil kinerja |
|
1) |
Bersedia belajar dari orang lain |
Adanya bukti kemauan belajar dari orang lain |
Forum komunikasi dengan lembaga pendidikan lain dan orang tua siswa per tingkat kelas/ angkatan |
|
2) |
Ingin selalui melakukan yang terbaik |
Adanya bukti keinginan selalui melakukan yang terbaik |
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : Dokumen / foto pelaksanaan kegiatan |
|
|
|||
|
3) |
Menciptakan perubahan yang kuat |
Adanya bukti keinginan untuk melakukan perubahan yang kuat |
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : Program inovasi madrasah atau RPM |
|
|
|||
|
INDIKATOR TUGAS KINERJA 4 (EMPAT) |
|||
|
Pantang Menyerah dan Selalu Mencari Solusi Terbaik Dalam Menghadapi Kendala Yang Dihadapi Madrasah |
|||
|
NO |
Indikator Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Bukti Hasil kinerja |
|
1.) |
Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan |
Adanya bukti kegiatan yang melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan |
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : MOU dengan pihak lain |
|
|
|||
|
2) |
Mampu bersikap obyektif / tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah |
Adanya bukti kegiatan yang menunjukkan sikap obyektif / tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah |
|
|
3) |
Mampu bersikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain |
Adanya bukti sikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain |
|
|
INDIKATOR TUGAS KINERJA 5 (LIMA) |
|||
|
Memiliki Naluri Kewirausahaan Dalam Mengelola Kegiatan Produksi / Jasa Madrasah Sebagai Sumber Pembelajaran peserta didik |
|||
|
NO |
Indikator Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Bukti Hasil kinerja |
|
1) |
Mampu merencanakan kegiatan produksi / jasa sesuai dengan potensi madrasah |
Dokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai potensi madrasah |
Dokumen laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil program pengembangan unit produksi kewirausahaan |
|
2) |
Mampu membina kegiatan produksi / jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel |
Adanya dokumen pembinaan kegiatan produksi / jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel |
Dokumen laporan memuat pelaksanaan dan hasil program pengembangan unit produksi kewirausahaan |
|
3) |
Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan |
Adanya dokumen pelaksanaan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan |
|
|
4) |
Mampu mengembangkan kegiatan produksi / jasa dan pemasarannya |
Adanya dokumen pengembangan kegiatan produksi / jasa da pemasarannya |
|






0 comments:
Post a Comment