Madrasah Aliyah Nurussyahid (MANUSA) adalah Sekolah Menengah Atas Setingkat SMA/SMK, Yang berdiri 2013 dengan Unggulan Magang dan Mahir Bahasa Jepang


Niat yang baik akan menghasilkan prasangka yang baik, Prasangka yang baik akan menghasilkan Aqidah yang baik dan Aqidah yang baik akan menghasilkan Akhir yang baik (Khusnul Khotimah). Hidup ini adalah Perjuangan, perjuangan perlu pengorbanan, pengorbanan perlu kecintaan, kecintaan perlu kesungguhan dalam Do'a dan Ikhtiar yang seimbang. kecintaan perlu keikhlasan dan keikhlasan perlu kesabaran, maka Allah berfirman Jadikan Sabar dan Sholat sebagai penolongmu melalui petunjuk sang Guru Mursyid.

2025/11/14

INDIKATOR TUGAS KINERJA 3 (TIGA) BIDANG KEWIRAUSAHAAN PADA TUGAS KINERJA 1 (SATU) SAMPAI DENGAN KINERJA 5 (LIMA) PADA INDIKATOR PKKM

 Program Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Aliyah Nurussyahid 2025

Foto Peserta Didik MA Nurussyahid Kertajati Pada Program Kewirausahaan Pertanian Budidaya Tanaman Palawija Terong, Sabrang, Seledri Kangkung dan Lainnya

INDIKATOR TUGAS KINERJA 3 (TIGA) BIDANG KEWIRAUSAHAAN PADA TUGAS KINERJA 1 (DUA), 2 (DUA), 3 (TIGA), 4 (EMPAT) DAN KINERJA 5 (LIMA) 

3. KEWIRAUSAHAAN

INDIKATOR TUGAS KINERJA 1 (SATU)

Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan Tepat bagi pengembangan madrasah

NO

Indikator Kinerja

Data Yang Diharapkan

Bukti Hasil kinerja

1)

Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) madrasah

Adanya bukti perubahan madrasah yang lebih baik dari tahun ke tahun

Program pengembangan kewirausahaan

Profil madrasah bebe rapa tahun terakhir

2)

Menggunakan metode, teknik, dan proses perubahan madrasah

Adanya bukti strategi dalam perubahan madrasah yang lebih baik

Pemanfaatan hasil inovasi dan kreatifitas

Membudayakan hasil inovasi dan kreatifitas

Pengembangan pembudayaan inovasi dan kreatifitas

3)

Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasi

Adanya bukti iklim yang mendorong kebebasan berfikirkreatif dan inovatif

Data jenis usaha produktif yang dimiliki

Program pengelolaan dan pendayagunaan hasil usaha

4)

Mendorong warga madrasah untuk melakukan prakar sa / keberanian moral untuk me lakukan hal-hal baru

Adanya bukti warga madrasah yang memiliki keberanian untuk melakukan hal-hal baru

Data jenis usaha produktif yang dimiliki

Program pengelolaan dan pendayagunaan hasil usaha

INDIKATOR TUGAS KINERJA 2 (DUA)

Bekerja keras untuk Mencapai Keberhasilan Madrasah sebagai Organisasi Pembelajaran yang Efektif

NO

Indikator Kinerja

Data Yang Diharapkan

Bukti Hasil kinerja

1)

Mampu bertindak kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak

Adanya bukti kegiatan yang kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak

RPP yang memuat rencana pembelajaran untuk menumbuh kan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolabo ratif, dan komunikatif

Hasil kerja dan karya siswa

Foto-foto aktivitas pembelajaran siswa

2)

Mampu memberdayakan potensi madrasah secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasah

Adanya bukti kegiatan pemberdayaan potensi madrasah secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasah

Rencana Pengemba ngan Madrasah (RPM)

 

Dokumen penanga nan permasalahan / kasus

 

Dokumen hasil kegiatan madrasah

 

Dokumen hasil kegiatan pengem bangan madrasah

3)

Mampu membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga madrasah

Adanya bukti kegiatan yang membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga madrasah

Rencana Pengemba ngan Madrasah (RPM)

Dokumen penanga nan permasalahan / kasus

Dokumen hasil kegiatan madrasah

Dokumen hasil kegiatan pengem bangan madrasah

4)

Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengem bangkannya

Adanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkan nya

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : RPM

INDIKATOR TUGAS KINERJA 3 (TIGA)

Memiliki Motivasi yang Kuat untuk Sukses Dalam Melaksanakan Tugas Pokok Dan Fungsinya Sebagai Pemimpin madrasah

NO

Indikator Kinerja

Data Yang Diharapkan

Bukti Hasil kinerja

1)

Bersedia belajar dari orang lain

Adanya bukti kemauan belajar dari orang lain

Forum komunikasi dengan lembaga pendidikan lain dan orang tua siswa per tingkat kelas/ angkatan

Foto-foto kegiatan

Komunitas / forum kegiatan yang diikuti

2)

Ingin selalui melakukan yang terbaik

Adanya bukti keinginan selalui melakukan yang terbaik

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : Dokumen / foto pelaksanaan kegiatan

 

Keikut-sertaan dalam lomba-lomba pembelajaran / pendidikan maupun manajemen prestasi dalam lomba guru, tenaga kependidikan, dan kepala madrasah

3)

Menciptakan perubahan yang kuat

Adanya bukti keinginan untuk melakukan perubahan yang kuat

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : Program inovasi madrasah atau RPM

 

Laporan target yang sudah dicapai

INDIKATOR TUGAS KINERJA 4 (EMPAT)

Pantang Menyerah dan Selalu Mencari Solusi Terbaik Dalam Menghadapi Kendala Yang Dihadapi Madrasah

NO

Indikator Kinerja

Data Yang Diharapkan

Bukti Hasil kinerja

1.)

Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan

Adanya bukti kegiatan yang melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen : MOU dengan pihak lain

 

Sister school kemitraan dengan madrasah lain

2)

Mampu bersikap obyektif / tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah

Adanya bukti kegiatan yang menunjukkan sikap obyektif / tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah

Observasi, wawancara, dan studi dokumen kegiatan / foto

3)

Mampu bersikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain

Adanya bukti sikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain

Observasi, wawancara, dan studi dokumen kegiatan / foto

INDIKATOR TUGAS KINERJA 5 (LIMA)

Memiliki Naluri Kewirausahaan Dalam Mengelola Kegiatan Produksi / Jasa Madrasah Sebagai Sumber Pembelajaran peserta didik

NO

Indikator Kinerja

Data Yang Diharapkan

Bukti Hasil kinerja

1)

Mampu merencanakan kegiatan produksi / jasa sesuai dengan potensi madrasah

Dokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai potensi madrasah

Dokumen laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil program pengembangan unit produksi kewirausahaan

2)

Mampu membina kegiatan produksi / jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel

Adanya dokumen pembinaan kegiatan produksi / jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel

Dokumen laporan memuat pelaksanaan dan hasil program pengembangan unit produksi kewirausahaan

3)

Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan

Adanya dokumen pelaksanaan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan

Wawancara dan studi dokumen : Laporan hasil evaluasi program pengembangan kewirausahaan yang memuat hasil evaluasi

Program pengembang an jiwa kewirausahaan

Program pengembang an unit produksi kewirausahaan

4)

Mampu mengembangkan kegiatan produksi / jasa dan pemasarannya

Adanya dokumen pengembangan kegiatan produksi / jasa da pemasarannya

Wawancara dan studi dokumen : Laporan hasil evaluasi program pengembangan kewirausahaan yang memuat hasil evaluasi

Program pengembang an jiwa kewirausahaan

Program pengembang an unit produksi kewirausahaan

 

Share:

0 comments:

Post a Comment

Translate

RAPOT DIGITAL MADRASAH (RDM)

KALENDER MA NURUSSYAHID

Calendar Widget by CalendarLabs

NU ONLINE

NPSN MA NURUSSYAHID

KUMPULAN KITAB TERJEMAHAN

Arsip

LOKASI MA NURUSSYAHID


Foto Kepala MA Nurussyahid Kertajati dengan Gus Sauqi Putra Abah KH. Ma'ruf Amin (Wakil Presiden RI)

KEPALA MA BERSAMA PARA PURNAWIRAWAN TNI PADA ACARA MUNAJAT RAJAB

SANTRI MA NURUSSYAHID KERTAJATI PADA ACARA MUNAJAT RAJAB 1440 H

KUNJUNGAN SULTAN SEPUH KE YAYASAN